Rabu, 03 Oktober 2012

Aplikasi Linux

GIMP

Apa itu GIMP?
The GNU Image Manipulation program atau GIMP adalah salah satu aplikasi open source yang bisa digunakan untuk membuat dan mengedit gambar. Fungsi GIMP sendiri sangat mirip dengan Photoshop sehingga begitu menggunakannya tidak terlalu sulit jika anda sudah terbiasa dengan photoshop. Aplikasi ini juga menyediakan banyak plugin sehingga cukup mudah di gunakan.

Apa saja fitur di GIMP?
berikut ini beberapa daftar ringkasan singkat dari fitur dan kemampuan GIMP :
1.   Suite yang lengkap termasuk alat – alat melukis brushes, pencil, airbrush, cloning,dll.
2.   Tile berbasis manajemen memori, sehingga ukuran gambar hanya di batasi oleh ruang disk yang tersedia.
3.   sub-pixel sampling untuk semua alat- alat untuk high-quality anti-aliasing.
4.    dukungan penuh Alpha channel untuk bekerja dengan transparasi.
5.   Layer dan Channel.
6.   Prosedur internl database untuk memanggil fungsi – fungsi Gimp dari program eksternal,seperti Script-Fu.
7.   Kemampuan Advenced scripting.
8.    Multiple undo/redo (di batasi oleh ruang disk).
9.   Transformation tools termasuk rotate, scale, sheare, dan flip.
10.   Dukungan untuk berbagai macam format file, termasuk GIF, JPEG, PNG, XPM, TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP dan sebagainya.
11.   Peralatan selection, termasuk rectangular, elips, free, fuzzy, bezier, dan intelligent scissors Plung-in yang memungkinkan untuk memudahkn penambahan format file baru dan filter efek baru.

Bagaimana cara mengedit gambar di GIMP?
1.      Buka Aplikasi GIMP

Akan terdapat jendela Toolbox dan layers, channels seperti gambar diatas, gunakan fungsi crop pada toolbox untuk memotong foto sesuai dengan keinginan. Dekatkan kursor pada masing-masing icon di toolbox tersebut untuk mengetaui kegunaannya masing-masing.
2.      Meresize gambar
Pada menu Image pilih scale image, lalu sesuaikan besar gambar yang Anda inginkan seperti dibawah ini setelah itu pilih scale.

3.      Mengedit warna foto
Mengedit warna foto dapat di lakukan dengan memilih menu Color, disana akan terdapat berbagai menu untuk mengedit warna mulai dari mengatur kurva warna, brightness & contras , serta pemberian warna sesuai keinginan.





4.      Menyimpan Foto yang telah selesai diedit
setelah selesai mengedit foto tersebut ketika menyimpannya anda kana di minta beberapa pertanyaan seperti screenshoot dibawah ini :


6.     Hasil editing foto


Bagaimana cara meng-install GIMP di Ubuntu?

Untuk memasang Gimp  di Ubuntu Precise dan Oneiric cukup mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa langkah yaitu menuliskan command line ini di terminal. 
berikut ini perintah yang harus kita input pada terminal  : sudo apt-get install gimp atau buka Ubuntu Software Center kemudian pada bagian search ketikan GIMP lalu klik install
referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar