Kamis, 13 September 2012

Robot Impian

ROBOT SUPIR
Dengan teknologi yang sangat canggih pada saat ini, saya berharap jika di masa depan nanti adanya sebuah mobil yang dapat dijalankan oleh sebuah robot tanpa campur tangan manusia. Bentuk Robot ini nantinya akan menyerupai manusia yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang tahan dengan panas dan yang tidak mudah terbakar, tinggi 175 cm, berat 50kg, memiliki GPS dan berkemampuan berbicara. Robot ini nantinya akan menjadi supir yang patuh dan taat pada peraturan rambu-rambu lalu-lintas dan dapat mengatur kecepatan mobil yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan jalan (maksimal kecepatan mobil 100 km/h).
Cara kerja robot ini adalah tekan tombol ON/OFF di dadanya, dan langsung memberikan alamat yang dituju di sebuah layar sentuh yang berada disebelah tombol ON/OFF. kemudian robot akan segera menuju bangku pengemudi dan bertanya apakah semua penumpang telah masuk. Setelah semua penumpang masuk robot akan langsung menekan tombol pengunci pintu untuk keamanan para penumpang. Dan robot siap digunakan. Robot Supir ini dilengkapi juga dengan kemampuan teknologi penghindar macet sehingga dapat menemukan jalan alternatif untuk menghindari macet tersebut. Robot ini dirancang untuk membenci bau asap rokok dan alkohol, jadi Jika ada penumpang yang merokok atau yang mencium aroma alkohol maka robot akan memerintahkan si penumpang untuk mematikan rokok dan menyuruh penumpang yang berbau alkohol keluar dari mobil.
Robot supir ini lebih bersifat pribadi, oleh karena itu robot ini memiliki sensor pengenal pemiliknya berdasarkan sidik jari dan sensor mata si pemilik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan pencurian robot supir ini. Robot ini dapat bekerja 20jam/hari dan jika energi robot ini habis harus dichanger 1 jam dalam keadaan OFF. Jika energi robot terisi penuh 100% maka changer energy robot otomatis mati. Hal ini dapat mengurangi pemborosan listrik dan menghindari kerusakan robot. Satu hal lagi kelebihan robot supir ini jika daya energy robot tiba-tiba habis di tengan perjalanan, robot otomatis memberikan sinyal pertanda enegi berada dibawah 15% dan segera menepikan mobil. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga keselamatan penumpang.
Harapan saya dengan adanya robot supir ini dapat mengurangi angka kecelakaan, mengurangi kemacetan lalu–lintas yang disebabkan ketidaktertiban pengemudi di jalan dan kita merasa nyaman selama di perjalanan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar